Ekskul

Dalam pendidikan yang diterapkan oleh SDIT Almuzzammil, pola keseimbangan antara input sensorik (intelektual)  dan motorik menjadi keharusan dalam implementasi pendidikan di sekolah. Hal ini menjadi suatu keharusan untuk menghasilkan output siswa yang handal.

Proses keseimbangan itu dapat ditempuh melalui kegiatan ektra kurikuler yang mampu memberi nilai tambah bagi siswa khususnya dalam motorik mereka. Untuk tujuan itulah kemudian manajemen sekolah dibawah instruksi kepala sekolah melakukan inventarisasi kegiatan yang mampu memberi keseimbangan itu. Inilah beberapa ekskul yang menjadi pilihan SDIT Almuzzammil:

1. Scout; Kepramukaan. Ekskul ini dipilih dengan alasan bahwa kegiatan ini mampu memberi nilai-nilai dan kedisplinan selain memberi nilai keberanian dan tanggung jawab serta kemandirian siswa.

2. Self Depend atau pencak silat. Kegiatan ini memberikan nilai ketahanan siswa dari sudut kesehatan dan ketangkasan fisik. Jiwa dan tubuh yang sehat akan memberi rasa percaya diri pada anak yang lebih baik.

3. Swimming atau renang. Selain tangkas dan sigap di darat SDIT Almuzzammil membekali siswa dengan ketangkasan dan kesigapan di air dengan melatih keterampilan renang. Ketangkasan di dalam dua arena ini harus menjadi bekal siswa sehingga mereka mampu melakukan tindakan pertolongan atau penyelamatan diri dari situasi genting.

4. Horsing atau berkuda. Berkuda merupakan keterampilan tersendiri yang memerlukan bukan saja keberanian tetapi kecerdasan emosional siswa. Dengan keterampilan ini, siswa akan memiliki keberanian plus yang tidak dimiliki anak-anak lain. SDIT Almuzzammil mempersiapkan siswanya untuk terampil dalam berkuda yang sekaligus memberikan umpan balik sebuah kebernian.

5. Drama. Aktivitas ekskul yang satu ini juga sangat penting untuk membekali siswa memainkan peran dan tampil menyampaikan pemikiran melalui panggung.

6. Wartawan Cilik. Ekskul satu ini menjadi salah satu modal bagi siswa selepas mereka dari SDIT. Melalui program ini, siswa/i diharapkan  mampu menggunakan bahasa Indonesia yang baik  dan benar dalam keseharian maupun dalam konteks komunikasi seperti interview dan percakapan formal yang lain.

9 thoughts on “Ekskul

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s