WARTAWAN CILIK

PENGANTAR

SDIT ALMUZZAMMIL terus berbenah seiring perubahan khususnya di dalam dunia pendidikan. Setelah merampungkan gedung tambahan baru sebanyak 4 lokal, Almuzzammil juga berencana dalam waktu dekat menambah kegiatan ekstra kurikuler siswa khususnya kelas 4, 5 dan 6.

Kegiatan ekstra kurikuler dimaksud adalah kegiatan yang mampu memberi keterampilan sekaligus keberanian menghadapi publik atau masyrakat. Pilihan yang paling tepat untuk itu adalah kegiatan yang terkait langsung dengan pelajaran Bahasa Indonesia, yakni jurnalisme; dunia kewartawanan.

Program ini bisa dimasukkan ke dalam muatan lokal yang nantinya berdampak pada prestasi dan nilai di dalam raport siswa. Dengan begitu, kegiatan ekstra ini dapat mempengaruhi prestasi siswa secara keseluruhan.  Oleh karena itu, program ekstra ini perlu dukungan bukan saja dari para wali murid tetapi juga dari para guru khususnya bidang studi Bahasa Indonesia.

LATAR BELAKANG:

Kemandirian siswa dan keberaniannya ke depan – setelah mereka lulus dari Sekolah Dasar – sangat diperlukan dalam rangka memasuki era global yang semakin sesak dengan persaingan. Baik persaingan dalam konteks keduniawian (keterampilan) maupun di dalam pendidikan itu sendiri. Menimbang dan mengingat begitu berat persaingan itu, maka SDIT ALMUZZAMMIL harus mengaplikasikan sebuah program yang mampu menjadi alat siswa nanti untuk mengatasi kondisi tersebut.

Salah satu program EKTSRA KURIKULER yang patut dan segera diberikan kepada siswa-siswinya adalah keterampilan dan keberanian yang kelak bisa dijadikan sebagai alat bagi siswa untuk meraih kesempatan dalam dunia yang penuh persaingan itu.

TUJUAN

Program ekskul Wartawan Cilik ini merupakan program utama sekolah yang ditujukan untuk membangun proses pertumbuhan mental dan keterampilan siswa dalam menghadapi khalayak ramai dan kemahiran berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

Hal ini didasari oleh kenyataan bahwa masih banyak di masyarakat kita yang belum tepat menggunakan Bahasa Indonesia dalam konteks keseharian mereka. Begitu pula di dalam dunia pendidikan formal, tidak sedikit kita temukan bahwa para guru yang masih menggunakan Bahasa indonesia “apa adanya”

Program ini diharapkan dapat memberi sebuah pembiasaan kepada siswa untuk menggunakan Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi di masyarakat.

PESERTA

Program unggulan dalam ekstra kurikuler ini baru bisa diberikan pada level atau kelas 4, 5 dan 6. Hal ini ditempuh dengan beberapa pertimbangan antara lain; kemampuan berkomunikasi yang sudah layak dan keberanian menghadapi publik.

WAKTU PELAKSANAAN PROGRAM

Program ekstra kurikuler kewartawanan ini diberikan pada jam belajar Bahasa Indonesia seperti biasa dengan praktek lapangan bergilir setiap minggu. Pelajaran lebih ditekankan pada bidang kejurnalisan yang terkait.

PELAKSANAAN PROGRAM

Setelah secara teori diberikan, guru pembimbing khusus juga memberikan teknis pelaksanaan program seperti materi wawancara, mengambil gambar dan menulis hasil wawancara. Pelkasanaan liputan atau reportase minimal dalam satu grup terdiri dari tiga orang; pewawancara, kameramen dan penulis berita.

PERALATAN PENDUKUNG

Untuk pelaksanaan Program ekstra ini diperlukan sarana atau perlengakapan sebagai beriut: Papan Jalan, karena anak-anak belum mampu menuls pada buku tanpa alas; pulpen, tape recorder kecil, id card dan kamera. Untuk tape recorder dapat diganti fungsikan dengan mp3. Sementara untuk pendukung lain yang lebih luas adalah bloh khusus atau web untuk publikasi liputan secara indernasional dan sarana Majalah dinding untuk publikasi langsung kepada siswa di sekolah secara internal.

COVERAGE PERSON

Siapa yang akan menjadi objek liputan berita atau coverage personnya? Program Wartawan Cilik (Wartalik) ini insya Alloh akan memberi kesempatan siswa bertemu sekaligus belajar memberanikan diri berbicara (interview) dengan para tokoh masyarakat, artis dan pejabat yang berada di wilayah Bekasi dan sekitarnya. Oleh karena itu, dukungan dari para orang tua murid sangat dibutuhkan untuk tercapainya program ini.

PENUTUP

Semoga Program ekskul ini dapat berjalan sesuai rencana dan memberi capaian siswa yang cemerlang khususnya pada bidang keterampilan dan keberanian mereka. Semoga Alloh memberi kesuksesan itu. Amin

Post Script:

Untuk lebih memudahkan berjalannya program ini, pihak sekolah akan memberikan penyuluhan kepada wali murid dan mensosialisasikannya kepada para tokoh dan masyarakat terkait.

Wallahu a’lam bis-showab…..

4 thoughts on “WARTAWAN CILIK

  1. Suatu usaha yang perlu diajungkan jempol kpd guru bahasa Indonesia SDIT -ALMUZZAMMIL yang telah memprogram anak didiknya dengan suatu yang luar biasa dibidang jurnalistik. Memang orang Indonesia kebanyak lebih senang menggunakan bahasa lisan ketimbang bahasa tulisan dalam menyampaikan ide-idenya. oki kami sambut dengan ancungan jempol bila SDIT-AM telah memulai sesuatu yang baik bagi siswa-siswinya. hebaaaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s