Pentingnya Menanamkan Mental Psikologi Saat MID-TEST

Dalam beberapa dekade sebelum diamandemen methode pendidikan, banyak sekali terjadi kegagalan nilai pada anak-anak. Mungkin masih ingat di benak kita tahun-tahun belakangan saat anak-anak didik menangis, pingsan bagi yang menerima begitu saja kegagalan mereka di UAN namun tidak sedikit di antara mereka yang tidak menerima kenyataan dan kemudian merusak sekolah mereka sendiri. Sebuah peristiwa yang menyedihkan dalam dunia pendidikan kita.

Belajar dari peristiwa itu, para pendidik di SDIT Al-muzzammil melakukan perubahan dalam mekanisme penyelenggaraan tes. Hal ini mengacu pada psikologi anak sebagai modal utama mereka menghadapi ujian atau test. Dengan mengadopsi methode Montessori, suasana dan gaya belajar bahkan sampai pada moment test sekalipun, SDIT meberikan sebuah kondisi psikologis yang tidak mematikan motivasi siswa. Ingat bahwa terkadang siswa yang pandai bisa saja mendapatkan nilai test yang kurang baik disebabkan suasana dan kondisi psikologis yang kurang kondusif bagi mereka.

Oleh karena itulah, SDIT menjamin tidak akan terjadi stressing yang radikal terhadap psikologis peserta didik yang berdampak buruk terhadap pertumuhan mental dan perkembangan pendidikan mereka ke depan. Bahkan kepala sekolah- dalam upaya pemeliharaan mentalitas anak ini-tak segan melakukan pendekatan dengan bermain bola bersama anak-anak.  Itulah implementasi semboyan “Mengajar Dengan Sepenuh Hati” yang menjadi jargon di SDIT ALMUZZAMMIL.

Kondisi psikologis yang sangat ceria itu nampak dalam penyelenggaraan MID-TEST bidang study Tahfidz tanggal 13 Oktober 2010. Midtest itu sendiri berlangsung mulai 11-19 Oktober 2010.

This slideshow requires JavaScript.

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s